AL HIKMAH DAN FILSAFAH


    Alhikmah dan filsafah pada pokoknya mengandung empat macam ilmu yaitu :  Ilmu Manthiq, Ilmu Alam, Ilmu Pasti, dan Ilmu ketuhanan. Termasuk ilmu alam itu ialah ilmu kimia, kedokteran, pharmasi, ilmu hewan dan ilmu pertanian.  Yang Termasuk ilmu Pasti : ialah Berhitung, Aljabar, Ilmu Ukur, ilmu mekanika, ilmu falaq dan geografi. Termasuk ilmu ketuhanan ialah Metafisika yaitu mengenai pembahasan pencipta jiwa, jin malaikat dan sebagainya.
    Mereka mempelajari ilmu ilmu tersebut, karena dorongan Alqur’an yang menganjurkan supaya mereka menuntut ilmu dank arena didalamnya terdapat ayat ayat yang berhubungan dengan ilmu ilmu tersebut antara lain ialah :

1. yang mengenai ilmu falaq , 
    contoh  surat 010. Yunus ayat  5    
5. Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nyamanzilah-manzilah  (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak[10]. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.
          surat 036. Yaasiin ayat 38 – 40
38. dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan yang Maha Perkasa lagi Maha mengetahui.
39. dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah Dia sampai ke manzilah yang terakhir) Kembalilah Dia sebagai bentuk tandan yang tua[11].
40. tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

2. Yang mengenai ilmu hewan. 
    Contoh  surat 016. An Nahl ayat 66
66. dan Sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.
             Surat 023. Al Mu'minuun  ayat 21 – 22
21. dan Sesungguhnya pada binatang-binatang ternak, benar-benar terdapat pelajaran yang penting bagi kamu, Kami memberi minum kamu dari air susu yang ada dalam perutnya, dan (juga) pada binatang-binatang ternak itu terdapat faedah yang banyak untuk kamu, dan sebagian daripadanya kamu makan,
22. dan di atas punggung binatang-binatang ternak itu dan (juga) di atas perahu-perahu kamu diangkut.

3. Yang mengenai ilmu tumbuh tumbuhan.  
   Contoh  surat 013. Ar Ra'd  ayat  4
4. dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.
           Surat  023. Al Mu'minuun  ayat  19 – 20
19. lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan,
20. dan pohon kayu keluar dari Thursina (pohon zaitun), yang menghasilkan minyak, dan pemakan makanan bagi orang-orang yang makan

4. Yang mengenai ilmu bumi dan ilmu alam.
      Contoh  surat 050. Qaaf ayat 7 – 8
7.dan Kami hamparkan bumi itu dan Kami letakkan padanya gunung-gunung yang kokoh dan Kami tumbuhkan padanya segala macam tanaman yang indah dipandang mata,
8. untuk menjadi pelajaran dan peringatan bagi tiap-tiap hamba yang kembali (mengingat Allah).
             surat 034. Saba' ayat 18 
18. dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkata kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. berjalanlah kamu di kota-kota itu pada malam hari dan siang hari dengan dengan aman[12].

5. Yang mengenai roh 
     Contoh  surat  017. Al Israa'  ayat 85
85. dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu Termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah  kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit"..

6. Yang mengenai jiwa    
     Contoh     surat 091. Asy Syams  ayat 7 – 10
7. dan jiwa serta penyempurnaannya (ciptaannya),
8. Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.
9. Sesungguhnya beruntunglah orang yang mensucikan jiwa itu,
10. dan Sesungguhnya merugilah orang yang mengotorinya.

7. Yang mengenai Qadha dan Qadar  
      Contoh  surat  035. Faathir  ayat  11
11. dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam kitab (Lauh Mahfuzh). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.

    Karena ilmu ilmu yang dimiliki oleh kaum muslimin tentang hal hal tersebut belum lengkap, maka mereka memulai usahanya dengan cara menterjemahkan buku buku dari bahasa asing. Adapun usaha peterjemahan ini sudah dimulai sejak zaman masa bani Umaiyah dan digiatkan lagi di masa Abbasiyah dan dimasa Khalifah Ma’mun aktivitas ini bertambah hebat, sampai beliau mengirim suatu rombongan ahli terjemah keRoma seperti Al Bathriq, Hunain bin ishaq, Al Hajjaj bin Mathar, Salm dan lain lain disana mereka memilih buku buku ilmu pengetahuan yang belum dipunyai oleh umat islam dan membawanya kebagdhad untuk diterjemahkan di teliti dan dibahas sedalam dalamnya.

    Belum sampai satu abad dari berdirinya bani abbasiyah ulama’ ulama’ islam telah memiliki ilmu tersebut dan lahirlah diantara mereka ahli ahli al hikmah dan filsafat diantaranya ialah :”Abu Yusuf Ya’kub bin Ishaq bin As Shabagh Alkindi, Ahmad bin thayyib As sarakhsi, Muhammad bin musa, Ahmad bin musa, Al hasan bin musa  dan yang termasyhur dalam ilmu pasti ialah Muhammad bin musa Al khuwarazmi penemu Al Jabar
    Setelah gerakan terjemahan dan penelitian ini barulah datang masa penyempurnaan, penyusunan dan penemuan sendiri. Tokoh tokoh yang terkenal dalam hal ini ialah Abu Nashr Muhammad bin tharkhan Al Farabi (wafat 339 H ) Pencipta alat musik yang dinamai “Al Qanun”  yang kemudian ditiru oleh orang barat dengan nama “Piano”, Abu Bakar Muhammad bin Zakaria Ar Razy (wafat 311 H ), Ahli ilmu kedokteran dan kimia Syekh Abu Ali Al Husain bin sina (wafat 328 H ), dan Abur Raihan Ahmad bin Muhammad Al Biruni (wafat 430 H) ahli ilmu falaq, ilmu bumi alam

     Diantara tokoh tokoh yang termasyhur di bani Fathimiyah di Mesir ialah Ibnu Yunus dalam ilmu falaq dan ilmu alam dan Ibnu Ridwan dalam ilmu kedokteran.  Dan diantara tokoh tokoh yang termasyhur di spanyol ialah Abul Walid Al Qadhi Ahmad bin Rusyid dan Abul qasim Al Zahrawi.      Pada ulama’ tersebut telah mengarang ratusan buku dalam bahasa arab yang kemudian diterjemahkan oleh orang barat kedalam bahasa mereka. Orang barat yang pada waktu itu masih terbelakang dalam lapangan ilmu pengetahuan. Terpaksa mempelajari bahasa arab supaya dapat menterjemahkan bermacam macam buku yang dikarang oleh para ulama’ islam, mereka datang  ke Spanyol dan mereka datang dari Italy, perancis, jerman dan Inggris sengaja untuk belajar dan menterjemah. Setelah mereka puas. Barulah mereka kembali kenegerinya masing masing, lalu mereka mendirikan sekolah sekolah untuk mengembangkan ilmu yang didapatnya, maka berduyun duyunlah orang memasuki sekolah sekolah itu dan dengan demikian berkembanglah ilmu tersebut dikalangan mereka, jasa ulama’ ulama’ islam ini memang diakui oleh orang barat sendiri. Mereka mengatakan bahwa islam itu adalah jembatan yang menghubungkan antara kemajuan Erofa di masa dahulu kala dengan kemajuan Erofa dimasa sekarang.
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[12] Yang dimaksud dengan negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya ialah negeri yang berada di Syam, karena kesuburannya; dan negeri- negeri yang berdekatan ialah negeri-negeri antara Yaman dan Syam, sehingga orang-orang dapat berjalan dengan aman siang dan malam tanpa terpaksa berhenti di padang pasir dan tanpa mendapat kesulitan
 -------------------------------------------------------------------------------------------------------------