INFAQ.


Secara Bahasa  : infaq berarti membelanjakan harta.
Secara istilah   : infaq adalah membelanjakan harta yang meliputi belanja wajib untuk istri dan anak serta famili (karib kerabat ) dan sedekah sunat.

Lihat Tentang ketentuan pembagian zakat.

SEDEDKAH
Sedekah menurut istilah Memberikan sesuatu kepada yang berhak menerimanya, hanya semta mata mengharapkan ridho Allah.

Waktu memberikan sedekah, tempat, orang dan benda. Ialah kapan saja dan tempatnya dimana saja, hartanya yang lebih utama harta benda yang kamu sukai/ cintai. Tapi bukan barang curian/ barang utangan.

Keutamaan bersedekah
a. Sabda nabi   :   jagalah dirimu dari apai neraka, meski dengan sebelah biji kurma ! .
b. Sabda nabi   :  Sedekah menolak 70 macam bala’. Yang teringan diantaranya penyakit kusta/lepra.
c. Sabda nabi   :  Orang pemurah dekat dengan Allah dan makhluq, sedangkan orang kikir jauh dengan Allah dan makhluq’.

Sedekah yang diterima yaitu sedekah yang diberikan dengan ikhlas, tidak karena pamrih, riya, ujub atau sum’ah dan  yang diberikan tidak di iringi dengan menyebut yebutnya atau menyinggung perasaan sipenerima.

WAKAF
Wakaf ialah  memindahkan hak mili pribadi menjadi milik suatu badan yang memberikan mamfaat bagi masyarakat, dengan tujuan untuk mendapatkan kebaikan dan ridho Allah swt, seperti tanah, rumah, sekolah, masjid , musholla dan lain lain.
      Sabda  nabi :

Dari abu hurairah,  sesungguhnya nabi saw telah bersabda: Apabila anakadam telah meninggal dunia, maka putuslah semua amalnya , terkecuali tiga perkara yaitu: Shodaqah jariyah’(wakaf)/sedekah lainnya dengan ikhlas,  atau ilmu yang di ambil mamfaatnya oleh orang lain dan anak shalih yang memohonkan ampun kepada keduanya. (Riwayat  Muslim).