TUGAS NABI MUHAMMAD SAW SELESAI


       Ketika para utusan utusan kabilah kabilah Arab datang menghadap nabi untuk menjadi pemeluk agama islamkemudian disusul dengan turunnya surat An Nashr yang menggambarkan kedatangan utusan utusan itu serta menyuruh nabi memohonkan ampun untuk mereka, maka terasalah oleh beliau bahwa tugas nya hamper selesai. Karena merasa bahwa pekerjaannya hampir selesai pada akhirnya, beliau berniat untuk melakukan  Haji Wada’ (haji penghabisan) ke Mekah. Pada tanggal 25 Zulqaidah tahun ke 10 Hijriyah, Rosulullah meninggalkan Madinah menuju Mekah dengan kaum muslimin yang ikut mengerjakan haji kira kira 100 000 orang.

     Sebelum menyelesaikan upacara haji, Rosulullah mengucapkan sebuah pidato amanat yang bernilai dihadapan kaum muslimin di bukit Arafah pada tanggal 8 Zulhijah 10 Hijriyah, bersamaan dengan 7 maret 632 Masehi, setelah selesai mengerjakan ibadah haji, nabipun kembali ke Madinah.

Dan wahyu yang turun terakhir adalah surat 5(Al Maidah)  ayat  3   yang berbunyi :

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا
3.  pada hari ini[31] orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu Jadi agama bagimu

     Kira kira 3 bulan sesudah mengerjakan haji wada’ itu nabi menderita demam, penyakit beliau hari kehari bertambah parah, sehingga tidak dapat mengimami kaum muslimin dalam shalat, maka disuruhnyalah Abu Bakar untuk menggantikan beliau untu menjadi imam dalam shalat.dan kemudian beliau ditunjuk untuk menggantikan Rosulullah dalam pemerintahan islam (khalifah) oleh kaum muslimin.
 -----------------------------------------------------------------------------------------------------------
[31] Yang dimaksud dengan hari Ialah: masa, Yaitu: masa haji wada', haji terakhir yang dilakukan oleh Nabi Muhammad s.a.w.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Setelah itu maka rosulullah dalam keadaan sakit yang dibantu oleh Ali bin Abu Thalib dan fadiel membawanya menuju Masjid dan kemudian Rosulullah bersabda :
     Hai kaum muslimin ! sesungguhnya telah sampai kepadaku dan akupun mengerti bahwa kamu semua takut akan kematian nabimu. Apakah akan tetap hidup nabi nabi sebelum saya dulu yang di utus Allah swt? Maka sekiranya ada yang tetap, tentu selalu ada aku disampingmu. Ingatlah bahwa sesungguhnya aku akan bertemu pada tuhanku dan kamu semua akan bertemu padaku besuk, maka aku berpesan kebaikan kepada kamu semua.
     Pada tanggal 12 Rabiul awal tahun 11 Hijriyah bertepatan dengan 8 juni tahun 632 Masehi, nabi Muhammad saw kembali kehadirat Allah swt dalam usia 63 tahun, innalillahi wa inna ilaihi raajiuun, 23 tahun lamanya, sejak belaiu diangkat menjadi Rosul Allah swt, berjuang tidak mengenal lelah dan derita untuk menegakkan agama Allah agama islam.
     Nabi Muhammad saw telah wafat, telah meninggalkan umatnya, tak ada harta benda yang berarti yang akan diwariskan kepada anak istrinya tetapi beliau meninggalkan dua buah pusaka yang ditinggalkannya kepada seluruh umatnya dan sabdanya  :

 artinya  : Kutinggalkan untukmu sekalian dua perkara (pusaka), kamu tidak akan sesat selama lamanya selama kamu semua berpegang pada kitabullah (Al qur’an) dan sunah rosullah. (HR , Al Hakim )